Home » , , , , » Orang Tua Bijak, Sahabat Anak

Orang Tua Bijak, Sahabat Anak

Written By Arief Ghofur on Selasa, 20 Maret 2012 | 14.22



Orang Tua Bijak – Belum ada pendidikan formal tentang bagaimana caranya untuk menjadi orang tua yang baik. Untuk itu, para orang tua biasanya melihat kepada pengalaman mereka dahulu ketika menjadi seorang anak. Namun, bisa saja apa yang mereka alami dulu tidak sesuai lagi dengan apa yang anak-anak alami pada saat sekarang ini. Sehingga apa yang mereka pikirkan tidak lagi efektif untuk dilakukan pada anaknya sekarang. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang dapat membantu para orang tua menempatkan diri dan memberi teladan pada anak.
1. Mau Meminta Maaf dan Mengatakan Terima Kasih
Ketika orang tua melakukan hal tersebut, perasaan anak akan senang karena dia dihargai sehingga lebih mudah baginya untuk melakukan hal yang sama kepada Anda ataupun orang lain.
2. Tepat Janji
Orang tua jangan semena-mena membuat janji dan kemudian tidak menepatinya bahkan mungkin tidak mengingatnya. Hal ini akan mengurangi rasa percaya dalam diri anak terhadap orang tua. Apa jadinya jika anak tidak percaya lagi dengan orang tua? Anda pasti bisa membayangkan konsekuensinya.
3. Tidak Memberikan “Label” pada Anak
Tanpa orang tua sadari, orang tua bisa memberikan ‘label’ kepada anak. Hal ini akan mempengaruhi kepribadian anak itu nantinya. Dan itu akan melekat serta susah untuk dia ubah lagi di masa mendatang. Sehingga anak sulit untuk berkembang.
 
4. Senyum dan Memberi Sentuhan Fisik
Emosi yang positif akan berkembang dalam diri anak jika Anda sering tersenyum kepadanya. Ciuman dan sentuhan fisik seperti belaian akan membuat anak merasa nyaman berada di dekat orang tua. Maka tidak salah jika anda melakukannya.
5. Bertindak Lebih Baik Daripada Sekedar Berkata-kata
Sepertinya kurang efektif jika orang tua hanya marah-marah ketika anak tidak membereskan barang-barang mainannya. Akan lebih baik jika orang tua mengajak anak untuk bersama-sama merapikan mainan tersebut.
6. Langsung Menanggapi Jika Anak Berbuat Hal yang Negatif Sebaliknya Daripada Hal Positif yang Dilakukannya
Orang tua kebanyakan jarang memberikan pujian ketika anaknya melakukan sesuatu yang positif dengan anggapan bahwa anak-anak sudah sewajarnya melakukan hal demikian. Namun, ketika orang tua menemukan sesuatu yang negatif, orang tua langsung meresponnya. Anak akan cenderung mengulangi hal yang sama mungkin dengan alasan ingin mendapatkan perhatian dari orang tua. Cobalah untuk lebih memberikan perhatian terhadap hal-hal baik yang terdapat dalam diri anak.
6. Tidak Mengucapkan Kata “Jangan”
Ketimbang melarang anak, hal yang lebih baik Anda lakukan adalah memberikan solusi atau alternatif lain yang boleh dilakukan oleh si anak. Mengatakan jangan akan membuat anak semakin penasaran sehingga ingin mencoba untuk melakukannya.
Dia tidak puas jika tidak melakukannya karena orang tua tidak memberikan solusi lain untuk dia coba.
7. Menghargai Pertanyaan Anak
Apa yang Anda harapkan dari diri anak Anda? Anak yang aktif atau pasif? Tentu aktif, bukan? Saya yakin semua orang tua menginginkan hal yang sama. Karena itu, biarkan anak banyak bertanya dan jawablah dengan ramah. Meskipun terkadang hal itu mengganggu Anda, namun pertanyaan seperti itu akan membentuk daya pikirnya. Dan jawaban Anda berpengaruh besar terhadap kecerdasannya di kemudian hari.
8. Tidak Menghukum Secara Fisik
Pada awalnya anak akan takut terhadap hukuman yang Anda berikan. Namun, hanya karena dia merasa ‘sakit’. Ketika dia merasa terbiasa dengan hukuman itu, dia pasti akan melakukannya kembali. Hukuman itu akan menjadi tidak efektif, meskipun Anda meningkatkan hukuman fisik yang Anda lakukan. Hal ini justru akan merenggangkan hubungan antara orang tua dan anak sebab akan melukai harga diri anak. Bukan lagi sakit fisik yang dirasakan anak, tetapi rasa sakit secara emosi. Jangan pernah melakukannya!

 

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Popular Posts

Site Map

Site Info

 
Support : Blog tips Dsn Trik Lengkap | Your Link | Jempol tenan
Copyright © 2013. jempol tenan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger